APAKAH HARDDISK SATA 1 BISA DI INSTAL DI MOTHERBOARD SATA 3


U
ntuk kali ini saya jujur saja kalau hal seperti ini pernah saya alami dan menjadi bahan pertanyaan saya kepada guru produktif saya. Dan ketika itu beliau menjawabnya seperti ini “ Sebenarnya bisa-bisa saja namun, alangkah lebih baiknya bila kita menginstal harddisk sata sesuai dengan kemampuan motherboardnya, ntah itu motherboardnya mensupport sata 1 atau sata 2. ” Dari jawaban beliau saya langsung mengerti tentang menginstal harddisk sata. Pada kali ini saya hanya ingin menambahkan sedikit saja tentang hal-hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin menginstal harddisk sata di motherboardnya yang menggunakan type lama.

Hal pertama yang ingin saya beritahu kepada Anda adalah apa perbedaan antara harddisk sata 1, sata 2 dan sata 3. Untuk hal macam ini memang banyak juga yang tahu tapi banyak juga orang yang tidak memperdulikan hal yang seperti ini. Pada dasarnya perbedaannya terletak pada kecepatannya. Untuk Lebih jelasnya lagi silahkan lihat tabel di bawah ini :
Harddisk Sata
Kecepatan
1
1.5 Bit/ Sec
2
3.0 Bit/ Sec
3
6.0 Bit/ Sec

Hal kedua yang harus Anda perhatikan ketika kejadian hal seperti ini adalah Anda harus melakukan pengecekan terhadap motherboard yang ingin Anda install. Untuk melihat versi sata yang ada di motherboard yang ingin Anda install, Anda kembali harus melihat buku motherboard yang Anda dapatkan ketika Anda membeli motherboard. Masih mending kalau Anda membelinya dari toko tapi, kalau dari teman atau saudara mungkin Anda tidak mendapatkannya. Tapi, jangan bersedih dulu karna Anda bisa mencarinya di internet.


Hal ketiga yang ingin saya bagi kepada Anda yaitu, apakah bila kita menginstal sata seperti kejadian di atas mungkin gak kalau hal seperti ini akan menghasilkan efek samping atau resiko?. Untuk pertanyaan seperti ini memang saya belum bisa menjawabnya tapi, mungkin saja untuk hal seperti ini tidak beresiko MENGAPA?? Karna pada dasarnya harddisk sata 1,sata 2, dan sata 3 memiliki port yang sama dan kabelnya juga sama. Jadi, sangat tidak mungkin akan ada resiko. Ibaratnya seperti memory DDR 1, DDR 2, dan DDR 3 yang memiliki perbedaan kecepatan namun, selain kecepatannya berbeda tampilan fisiknya juga berbeda dan letak kaki pin-nya juga berbeda. Kalau memory RAM DDR memang mutlak tidak bisa kita install seperti kejadian sata di atas.

Oke itu saja yang bisa saya sampaikan di artikel ini semoga bisa bermanfaat untuk Anda yang telah membaca

2 comments

Anda boleh berkomentar di blog saya tapi, tetap jagalah kesopanan dan nilai - nilai etika Anda ketika berkomentar.

Visitors