Tugas Pemrograman Web : Materi Mata Kuliah

    Saat ini, saya sudah semester 3. Ada banyak cerita yang saya simpan sendiri di semester 1 dan 2. Awal cerita, di semester 1 yang saya ingat daftar mata kuliah yang saya pelajari ialah sebagai berikut:

  • Algoritma dan Pemrograman Dasar
  • Ilmu Sosial dan Budaya
  • Pengantar Sistem Informasi
  • Elektronika Dasar
  • Bahasa Inggris 1
  • Matematika 1
  • Agama
    Di semester 1, saya awal pertama kalinya belajar programming.
Itu merupakan sebuah momen-momen yang berarti bagi saya karena saya yakin suatu hari nanti saya pasti bisa menjadi programmer. Dan kemudian, saya bisa menceritakan sedikit cerita saya ini kepada teman-teman atau di forum-forum programmer yang menanyakan bagaimana awal mula saya belajar programming. Singkat cerita, di semester 1 mata kuliah yang paling saya senangi dan menjadi favorit saya ialah Algoritma dan Pemrograman Dasar yang diajarkan oleh dosen kami yang bernama Wiwi Verina. Dan syukur, di semester 1 nggak ada nilai saya yang hancur. Tapi, dibalik semua itu sebenarnya ada cerita terpendam yang sebenarnya harus saya ceritakan agar Anda sebagai pembaca tahu bagaimana susah senangnya saya di masa semester 1 ini. Pertama saya akan bahas mata kuliah Ilmu Sosial dan Budaya yang sebenarnya ini adalah mata kuliah yang tidak terlalu saya senangi namun, mau nggak mau saya harus menjalaninya. Susahnya itu terletak dari metode pengajarannya yang mengharuskan setiap pertemuan atau dari pertemuan 2 sampai 15 (tidak termasuk UTS dan UAS) kami disuruh membuat kelompok sebanyak 13 kelompok dimana, setiap kelompok maju untuk menampilkan tugas presentasinya dengan judul dan pembahasan yang berbeda-beda. Dan kebetulan itu, saya mendapatkan judul yang lumayan sulit untuk dibahas yakni, masalah-masalah yang ada pada generasi muda. Saya rasa Anda pasti setuju mengapa judul ini dikatakan susah sebab, yang namanya generasi muda zaman sekarang ini sudah memiliki latar belakang masalah sendiri yang memang perlu penanganan serius dari pemerintahnya sendiri. Kemudian, ada lagi mata kuliah Elektronika Dasar yang buat saya agak khawatir juga dengan nilai IP saya. Namun, syukur nilai saya bagus di mata kuliah ini. Yang buat saya khawatir ialah bukan karena dosennya yang kejam atau beringas malahan dosennya itu baik dan akrab dengan kami semua. Khawatirnya itu terletak pada tugas menjelang UAS yaitu, membuat sebuah alat atau project secara kelompok. Maksud dari alat atau project disini ialah seperti, lampu flip flop, alat pendeteksi banjir dan lain sebagainya. Kebetulan ketika itu, saya dapat satu kelompok dengan teman yang cukup paham di mata kuliah ini. Dan alat yang kami buat ketika itu ialah speaker aktif untuk memutar lagu dari hp atau radio. Dan akhirnya, nilai saya pun terselamatkan di mata kuliah ini namun, bukan berarti saya nggak berusaha dalam mata kuliah ini. Justru saya juga berusaha dalam mencari komponen-komponennya dan ketika menampilkan tugas ini saya diberi kepercayaan oleh teman-teman sekelompok untuk berbicara sebagai moderator ketika mempresentasikan alat kami ini.     Untuk mata kuliah lainnya sepertinya biasa-biasa saja. Lanjut di semester 2. Berikut yang saya ingat daftar mata kuliah yang saya pelajari di semester 2 ialah sebagai berikut :
  • Basis Data
  • Matematika 2
  • Bahasa Inggris 2
  • Ilmu Alamiah Dasar
  • Pemrograman Berorientasi Objek
  • Fisika
  • Sistem Digital
    Di semester 2, mata kuliah favorit saya ialah Pemrograman Berorientasi Objek. Kenapa ini menjadi favorit saya ? sebab, akhirnya saya ketemu juga dengan Bahasa Java yang merupakan bahasa pemrograman yang paling saya senangi karena, bahasa ini bisa berjalan di platform Linux dan Windows. Hal inilah yang membuat saya ketika mata kuliah ini dimulai dari awal pertemuan sampai pertemuan terakhir jiwa semangat saya betul-betul muncul. Bahkan, saya sempat membuat project pribadi dengan bahasa pemrograman ini seperti, Game Tebak Angka, Game HUT RI 69, Simple Athan(Aplikasi Jadwal Shalat),dan My Calc(Aplikasi calculator). Saya harap dengan membuat aplikasi-aplikasi ini bisa mempermudah saya ketika mau Tugas Akhir nanti. Namun, sesudah senang pasti ada susahnya. Di semester 2 ini, saya agak susah di mata kuliah sistem digital. Susahnya itu sama seperti di semester 1 mata kuliah elektronika dasar yakni, menjelang UAS kami harus mengumpulkan tugas project atau membuat alat namun, disini alat yang dibuat harus menggunakan komponen digital seperti 7 segment dan lainnya. Tugas ini dikerjakan secara kelompok jadi, akhirnya saya juga terselamatkan di mata kuliah ini. Kenapa saya begitu susah di mata kuliah elektronika dasar dan sistem digital ? Sebab, dahulu ketika SMK TKJ saya tidak ada mempelajari yang namanya itu solder atau ilmu basic tentang apa itu resistor, kapasitor dan komponen-komponen lainnya yang berhubungan dengan elektronika. Tapi, syukur akhirnya tugas ini selesai juga dengan project kami yang bernama speaker aktif dengan toak, mp3 from usb and handphone dan radio. Oya, ada satu mata kuliah yang lumayan saya senangi yakni mata kuliah basis data. Saya senang dengan mata kuliah ini sebab, mau bagaimana pun yang namanya aplikasi pasti membutuhkan database. Dan Java sering disebut-sebut mempunyai teman database yang bernama MySQL. Kedua aplikasi ini sering disebut sebagai dua sejoli. Karena, sama-sama open source. Oya, hampir lupa bahwa nama dosen untuk mata kuliah Pemrograman Berorientas Objek ialah Helmi Kurniawan dan untuk mata kuliah Basis Data diajarkan oleh dosen Khairul Ummi. Senang saya sempat bisa diajarkan oleh kedua dosen ini sebab, mereka berdua adalah staff di bagian LPPM di kampus saya. Setahu saya kalau nggak salah bagian LPPM sering menjadi penguji dalam Tugas Akhir atau Skripsi sehingga terkadang di sela-sela pengajaran mereka sedikit cerita pengalaman mahasiswa-mahasiswa di sini bahwa terkadang ada yang gagal karena nggak tahu jawabannya dari pertanyaan yang simple seperti bagaimana cara membuat database di MySQL atau yang lainnya.
    Lanjut di semester 3, Di semester ini sebenarnya sudah mata kuliah yang menjadi target favorit saya yakni Pemrograman Web, Sistem Basis Data dan Interaksi Manusia Komputer. Alasan saya yang pertama mengapa Pemrograman Web menjadi mata kuliah favorit saya ? sebab, selama ini yang saya tahu bahwa dalam pemrograman web ada beberapa bahasa pemrograman yang menjadi incaran saya selama ini yakni, HTML, PHP dan JSP. Lho CSS dan Javascript mana ??? Yap, Saya sebenarnya tidak terlalu suka dengan CSS karena kedua bahasa pemrograman ini hanya untuk mendesain atau membuat web yang kita bangun menjadi lebih cantik atau enak dilihat sedangkan, Javascript sebenarnya saya agak suka namun, karena ketika itu saya sedang semangat-semangatnya belajar JSP jadi, sempat lupa dengan Javascript. Kenapa pilih JSP sih yang harus saya pelajari ketika liburan semester ? Karena, Java Server Page atau disingkat JSP merupakan bahasa pemrograman yang menggunakan bahasa Java sebagai bahasa dasarnya dan oleh karena itu, maka syntax-nya juga nggak terlalu jauh berbeda dengan syntax di java desktop yang saya pelajari di semester 2. Hanya saja ada kekurangan dari JSP yang saya tahu ketika membaca sebuah buku di perpustakaan bahwa JSP memiliki kekurangan dalam hal waktu proses menampilkan halaman atau page ketika web tersebut dibangun dengan ukuran yang sangat kompleks. Hal ini disebabkan karena, JSP harus meng-compile ¬ulang kode-kode tersebut dan kemudian menampilkannya kepada client. Tapi, kenyataannya ketika di mata kuliah Pemrograman Web yang saya pelajari ialah HTML, CSS dan berikutnya belum tahu sebab saat ini masih di pertemuan 5. Tapi, itu bukan masalah bagi saya karena mau bagaimana pun suatu saat nanti saya pasti bisa menguasai CSS karena kalau ada kemauan pasti ada jalan. Untuk Sistem Basis Data mengapa saya senang dengan mata kuliah ini ? Alasannya sama dengan yang sudah saya jelaskan di semester 2 sebelumnya. Untuk Interaksi Manusia Komputer, mengapa saya senang dengan mata kuliah ini ? Sebab, Bahasa pemrograman yang saya pelajari ialah VB NET. Jujur saya benci dengan bahasa VB NET sebab, bahasa ini hanya bisa berjalan di platform Windows. Sementara Java bisa berjalan di Linux dan Windows. Jadi, saya masih melirik-lirik sedikit bahasa Java saat semester 3 ini. Saya nggak mau melupakan Java begitu saja hanya karena di kampus belajar VB NET. Kalau di kampus saya pakai VB NET tapi, kalau di rumah saya tetap JAVA. Dan saya rasa cukup cerita singkat saya ini.

No comments

Leave a Reply

Anda boleh berkomentar di blog saya tapi, tetap jagalah kesopanan dan nilai - nilai etika Anda ketika berkomentar.

Visitors