Cara Menampilkan File Hidden di Linux Sabily


Untuk pembahasan kali ini saya akan membahas sedikit mengenai operating System Linux Sabily tentang cara menampilkan file Hidden. File Hidden ialah sebuah file yang properties diberi hide sehingga, file tersebut tersembunyi dikarenakan ada alasan. Biasanya file yang di hidden-kan itu merupakan file – file penting mengenai suatu aplikasi atau sebuah file yang memang tidak boleh dihapus ataupun diedit. Di windows Anda pasti sudah tahu cara menampilkan file hidden namun, untuk di Linux sendiri memang agak sedikit berbeda saja. Dan di Windows pun Anda bisa dengan mudahnya mengatur untuk sebuah file untuk di hidden-kan tetapi, di Linux saya belum temukan caranya untuk mengatur sebuah file agar bisa di hidden-kan.

Mari saya ajak saja Anda langsung ke tempat kejadian perkaranya. Untuk menampilkan file Hidden maka ikutilah langkah – langkah berikut ini :
  1. Pertama silahkan Anda hidupkan PC/Laptop sampai menampilkan layar kerja.

Gambar : 0.1

  1. Setelah menampilkan layar kerja, selanjutnya silahkan Anda buka Home folder. Caranya, klik Places dan pilih Home folder.
 
Gambar : 0.2

  1. Setelah terbuka Home folder, silahkan klik edit pada bagian atas dan pilih “Preferences”. Dan setelah itu akan terbuka window baru dan beri centang pada kotak “Show hidden and backup files”
Gambar : 0.3

  1. Maka setelah itu pada Home folder tadi akan menampilkan sejumlah file dan folder yang terhidden.
Gambar : 0.4

Demikianlah untuk pembahasan kali ini dan tetap semangat GO LINUX.

1 comment

Anda boleh berkomentar di blog saya tapi, tetap jagalah kesopanan dan nilai - nilai etika Anda ketika berkomentar.

Visitors