IP Private dan IP Publik


Tidak henti – hentinya saya bagi postingan saya yang mengenai ip address karena, ip address merupakan dasar dari teknik jaringan. Sekarang ini orang kalau di Tanya ip address pasti yang terpikirkan yaitu, 192.168.1.1 atau 172.168.1.1. Sebenarnya dalam ip address terdapat yang namanya kelas. Kelas di sini artinya berbeda tingkatan mulai dari jumlah daya tampung host dan jumlah Host ID dan Network ID. IP address merupakan sebuah alamat yang diberikan oleh router atau gateway kepada client/host secara DHCP atau bisa juga Anda beri secara static kepada PC/Laptop yang terhubung. Jadi, IP Address adalah sebuah alamat client pada satu network dan berfungsi untuk membedakan antara satu client dengan client lainnya karena pada dasarnya tidak ada yang namanya 2 PC/Laptop memiliki IP Address yang sama pada satu network. Selain itu, IP Address ada 2 bagian yaitu, Network ID dan Host ID. Network ID adalah alamat yang terhubung dengan network dan Host ID adalah alamat yang menunjukkan host yang terhubung. Contohnya :
Kelas
Network ID
Host ID
Range
A
0
0.0.0
0.0.0.0 – 126.255.255.255
B
128.0
0.0
128.0.0.0 – 191.255.255.255
C
192.0.0
0
192.0.0.0 – 223.255.255.255

Dari Gambar table diatas dapat diambil kesimpulan bahwa sebagai berikut :
Kelas A : Network ID adalah bit pertama dan Host ID adalah bit kedua, ketiga dan keempat
Kelas B : Network ID adalah bit pertama dan kedua dan Host ID adalah bit ketiga dan keempat
Kelas C : Network ID adalah bit pertama, kedua dan ketiga dan Host ID adalah bit keempat

Dan pada IP Address juga ada yang namanya IP Private dan IP Publik. IP Private atau biasa disebut IP Privacy sering digunakan untuk bahan – bahan pelajaran seperti memasang ip address pada lab computer sekolah untuk dipelajari dan warung internet. Dan IP Private sering disebut juga cadangan dari IP Publik atau bisa disebut sebagai solusi untuk kekurangan IP Publik. Dan IP Private juga tidak di rutekan ke internet karena IP Private masih privacy dan belum dikenali oleh internet. Namun, untuk menghubungkan IP Private Anda bisa menggunakan NAT (Network Address Translation). NAT (Network Address Translation) adalah sebuah router yang berfungsi untuk mengenalkan IP Private (Lokal) ke Internet sehingga IP Private bisa digunakan untuk internet atau cara untuk bisa IP Private berkomunikasi dengan internet. Untuk penjelasan mengenai NAT (Network Address Translation) belum bisa saya jelaskan saat ini karena itu belum saya pelajari sepenuhnya dan belum saya praktekan juga jadi saya mohon maaf. Dan di bawah ini adalah NON-ROUTABLE ADDRESSES.

Kelas
IP Address Awal
IP Address Akhir
A
10.0.0.0
10.255.255.255
B
172.16.0.0
172.31.255.255
C
192.168.0.0
192.168.255.255

IP Publik adalah IP Address yang dikenal oleh internet dan bisa di akses oleh siapa saja dimana saja dan kapan saja. IP Publik sering digunakan oleh perusahaan besar yang terhubung ke internet dan pada setiap domain name seperti, www.google.co.id atau www.facebook.com dan lain sebagainya.
Yang terakhir saya ingin menjelaskan bagaimana proses pengiriman data dari 1 client melalui sebuah router ke tujuannya atau ke client. Seperti yang saya tahu bahwa ada 7 layer ISO yaitu, Application, Presentation, Session, Transport, Network, Data Link, Physical. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar di bawah ini.

Gambar : Proses pengiriman data melalui Layer ISO
Saya rasa demikianlah untuk kali ini dan semoga bermanfaat untuk Anda semua.

No comments

Leave a Reply

Anda boleh berkomentar di blog saya tapi, tetap jagalah kesopanan dan nilai - nilai etika Anda ketika berkomentar.

Visitors