Cara Membuat Flashdisk Menjadi Repository Offline


Repository merupakan suatu cara agar Anda dapat mendownload atau install aplikasi yang Anda butuhkan untuk Linux. Dan repository selalu identik dengan dua hal yakni, nama dari repository dan sambungan ke Internet. Untuk nama dari repository sebenarnya tak ada masalah dengan hal itu namun, untuk sambungan internet sebagian user masih ada yang sulit untuk mendapatkannya di PC/Notebook milik Anda sendiri. Jadi, bagi Anda yang mengalami hal yang sama seperti saya sebaiknya, ikuti saja informasi saya berikut ini. Membuat flashdisk Anda menjadi sebuah gudang repository Offline ialah hal yang sangat bijak untuk Anda lakukan. Untuk hal pertama yang harus Anda lakukan ialah sebaiknya, menyediakan flashdisk dulu minimal 2 GB dan kemudian silahkan kunjungi situs www.apt-web.dahsy.at dan setelah Anda lihat pada situs tersebut. Anda akan dapat melihat 3 kolom di mana silahkan Anda isi kolom pertama dengan Version OS Linux Anda dan pada kolom kedua pilih nama server yang Anda jadikan sebagai server untuk Anda download dan pada kolom ketiga silahkan isi dengan nama paket yang ingin Anda download contohnya, seperti squid, apache2, dan lain sebagainya. Jika sudah Anda isi ketiga kolom tesebut, silahkan klik submit dan silahkan Download satu per satu link Download yang ada muncul. Untuk melakukan hal tersebut Anda bisa pergi ke warung internet dan kemudian lakukan hal diatas. Setelah itu, simpanlah hasil download Anda tadi ke flashdisk dan sebelum Anda membawanya pulang sebaiknya Anda download dulu aplikasi dpkg-dev di sini Kemudian, bawalah pulang dengan aman. Jika sudah sampai rumah, kemudian hidupkan PC/Notebook Anda dan lakukanlah hal – hal berikut dengan benar dan sabar.

  1. Pertama, hidupkan PC/Notebook Anda dan masuk ke OS Linux Anda.
  2. Kemudian, masukkan flashdisk Anda dan buka terminal Anda.
  3. Jika sudah, Anda harus masuk ke folder media. Caranya,ketik : cd /media
  4. kemudian, ketik dir untuk mengetahui nama dari flashdisk Anda.
  5. Selanjutnya, install dpkg-dev yang sudah Anda download tadi. Caranya, copy hasil download dpkg-dev tadi di folder home. Kemudian, ketik di terminal untuk masuk ke home. Caranya, ketik cd /home dan install dpkg-dev. Caranya, ketik : dpkg -i *.deb
  6. Setelah selesai di install, silahkan Anda masuk lagi ke folder media, caranya, ketik cd /media
  7. Kemudian, ketik : dpkg-scanpackages KINGSTON/repository /dev/null | gzip -9c > KINGSTON/Packages.gz dan jika berhasil biasanya di samping folder tempat Anda menyimpan paket tadi ada file baru bernama package.gz.
catatan : KINGSTON harus Anda ganti sesuai dengan nama dari flashdisk Anda, sedangkan repository harus Anda ganti sesuai dengan nama folder tempat Anda menyimpan paket – paket yang Anda download tadi di www.apt-web.dahsy.at.
  1. Setelah itu, tunggu sebentar hingga prosesnya selesai. Kemudian, silahkan buat repository baru di sources.list. Caranya, ketik nano /etc/apt/sources.list dan tambahkan tulisan berikut di paling bawah : deb file:/media KINGSTON
catatan : KINGSTON harus Anda ganti sesuai dengan nama dari flashdisk Anda.
  1. Setelah itu, buka aplikasi sypnatic package manager dan klik reload. Kemudian, cari nama paket yang sudah Anda download tadi di www.apt-web.dahsy.at. Contohnya, saya kali ini yang sudah mendownload paket squid prxoy. Maka, di kotak search pada sypnatic package manager saya tuliskan squid. Jika ketemu silahkan klik nama paketnya dan pilih mark for installation.
  2. Atau bisa juga melalui terminal, caranya ketik apt-get update dan pastikan juga Anda sudah masuk sebagai root. Kemudian, tunggu sejenak hingga selesai. Selanjutnya, ketik apt-get install <nama paket yang ingin di install>. Contohnya, apt-get install squid


catatan : jika Anda masih gagal, coba buka sypnatic package manager>>settings>>repositories. Silahkan hilangkan semua tanda centang pada tab ubuntu software dan hilangkan juga tanda centang pada tab updates. Kemudian, silahkan klik tab other software dan cari tulisan berikut : file:/media KINGSTON/ (source code). Catatan : nama KINGSTON akan berganti sesuai dengan nama dari flahdisk Anda sendiri. Kemudian, jika Anda menemukan tulisan file:/media KINGSTON/ (source code) maka Anda harus menghilangkan tanda centang pada tulisannya. Sekarang, silahkan coba lagi.

Demikianlah untuk kali ini dan semoga bermanfaat. GO LINUX GO LINUX.

2 comments

Anda boleh berkomentar di blog saya tapi, tetap jagalah kesopanan dan nilai - nilai etika Anda ketika berkomentar.

Visitors