Cara Ganti Background Menu Login di Linux

Menu login ialah sebuah menu atau tampilan dimana Anda sebagai user harus memasukkan password dari akun user yang ada di operating system linux Anda. Dan untuk menu login ini hampir semua distro Linux memiliki tampilan menu login yang berbeda – beda. Dan menu login yang pernah saya gunakan ialah Blankon 8(live CD), Zencafe, ubuntu 10.10, dan yang terakhir Linux sabily 11.10. Bagi sebagian user mungkin tips ini agak berguna bagi Anda yang suka mengacak – acak isi dari tampilan Linux Anda. Untuk kasus ini, memang sudah saya lakukan secara otodidak dan berhasil.

Okay, tanpa memperpanjang cerita langsung saja Anda menuju ke pusatnya. Ikutilah langkah – langkah berikut ini dengan sabar dan benar.
  1. Pertama, silahkan Anda buka aplikasi terminal dengan cara klik Application>>Accessories>>Terminal. Setelah itu, silahkan Anda edit file /etc/lightdm/unity-greeter.conf. Caranya, ketik : nano /etc/lightdm/unity-greeter.conf dan pastikan juga Anda sudah masuk sebagai root. Setelah terbuka, silahkan Anda cari tulisan berikut : “background=/usr/share/backgrounds/ubuntume_03.jpg” dan jika ketemu silahkan Anda ganti tulisan /usr/share/backgrounds dengan lokasi dari foto atau gambar yang akan Anda jadikan sebagai background dari menu login. Dan ganti tulisan ubuntume_03.jpg sesuai dengan nama gambar yang akan dijadikan sebagai background menu login.
  2. Setelah itu, simpan konfigurasi Anda yang unity-greeter.conf dengan cara tekan Ctrl + O dan tekan enter. Kemudian keluar dari file tersebut dengan cara tekan Ctrl + X.

Sekarang untuk menguji apakah langkah – langkah Anda sudah benar, silahkan logout dari user Anda sekarang ini caranya, klik pada tulisan di bagian pojok kanan paling atas dan biasanya tulisan tersebut sesuai dengan nama user Anda. Setelah itu, pilih logout. Dan jika berhasil maka tampilan menu login Anda akan berubah dengan background sesuai dengan gambar yang Anda inginkan tadi.

Demikianlah untuk tips kali ini dan semoga bermanfaat. GO LINUX GO LINUX.

No comments

Leave a Reply

Anda boleh berkomentar di blog saya tapi, tetap jagalah kesopanan dan nilai - nilai etika Anda ketika berkomentar.

Visitors