Daftar Perintah ada pada Terminal

sebelumnya saya selaku sebagai admin blog ini ingin minta maaf dahulu karena, belakangan ini saya mulai jarang mengupdate isi blog ini dikarenakan saya sudah duduk di kelas XII dan pada bulan april 2013 saya akan menghadapi ujian nasional jadi, saya lebih banyak belajar di sekolah dan tak ada waktu untuk mengupdate blog ini. Sekarang mari saya mulai saja pembahasan kali ini, terminal merupakan sebuah aplikasi yang ada pada sistem operasi Linux yang fungsinya untuk mengerjakan sebuah tugas yang ada komputer Anda seperti Anda ingin menyalin file, merename nama file, mengkonfigurasi jaringan dan lain sebagainya. Berikut kali ini saya akan sedikit memberitahu Anda tentang beberapa perintah yang sudah saya kuasai dan saya pelajari jadi, mungkin saja tidak semua daftar perintah linux akan saya jelaskan tapi, setidaknya sebagian sudah ada yang saya pahami.

Melakukan pekerjaan dengan mengggunakan sebuah perintah kelihatannya memang agak sulit dan rumit namun, Anda harus tahu bahwa pada zaman – zaman dahulu sebelumnya adanya GUI (Graphical User interface) setiap orang yang memiliki komputer pasti ia harus mengerjakan setiap tugas dengan cara perintah seperti di terminal atau dalam kata lain, setiap user pasti menggunakan tampilan CLI (Command Line Text) sebagai interface untuk melakukan semua kegiatan yang ada pada komputer tersebut. Namun, zaman sekarang kelihatannya sudah jauh berbeda dimana sekarang anak SD saja sudah bisa mengoperasikan komputer minimal main game online walaupun itu dia belum paham betul tentang arti sebuah komputer. Di zaman yang modern ini rasanya nggak mungkin banget jika ada orang yang tidak bisa komputer atau tak bisa mengoperasikan komputer minimal melakukan pekerjaan sehari – hari seperti browsing, email, pengetikan, membuat presentasi dan lain sebagainya. Mengapa orang – orang seperti ini bisa mengoperasikan komputer tersebut dengan mudahnya ? Jawabannya cukup simpel karena pada komputer tersebut sudah ada GUI. Apa itu GUI ? GUI ialah sebuah interface atau penghubung antara seorang user (pengguna) dengan sebuah komputer agar user lebih mudah dalam melakukan pekerjaannya. Dan untuk Anda yang ingin komputernya memiliki tampilan GUI kelihatannya nggak perlu pergi cari kemana – mana karena banyak orang bilang kalau GUI itu sama dengan Windows. Mengapa ? Lihat saja sekarang tampilan Windows semakin lama semakin menarik atau indah namun, dibalik keindahannya tampilannya tersebut Anda harus tahu bahwa itu memerlukan seperangkat hardware yang besar juga seperti Memory RAM dimana untuk menginstall Windows 7 saja Anda sudah pasti memerlukan memory RAM minimal 1GB untuk bisa menjalankan Windows 7 dengan baik dan lancar. Namun, bagaimana jika suatu saat nanti teknologi manusia kembali ke zaman sebelumnya yakni kembali pada zaman dimana setiap komputer hanya memiliki tampilan CLI. Wah, pastinya manusia kembali menjadi manusia yang tak tahu komputer. Tapi, saya yakin hal tersebut mungkin bisa saja terjadi dan bisa saja tidak terjadi karena Anda semua tak tahu apa yang akan terjadi di masa depan nanti. Apakah di masa depan nanti akan ada seperangkat yang lebih canggih daripada komputer dan bisa membuat komputer menjadi perangkat yang pada zaman itu bisa dikatakan merupakan perangkat kuno atau jadul. Tapi, Anda hanya bisa menunggu semua hal itu terjadi sampai Anda sadar bahwa jangan biarkan semua teknologi menguasai seluruh kehidupan manusia. Ingatlah bahwa teknologi merupakan buatan manusia dan pastinya selalu buatan manusia.

Okay, kelihatannya saya sudah menjelaskan sedikit tentang apa itu GUI dan CLI. Sekarang saya akan melanjutkannya dengan pembahasan saya kali ini. Berikut daftar perintah yang sudah saya pelajari di terminal dan ingat bahwa Anda di sini harus selalu sebagai super user atau root :


  1. “ls”
Perintah tersebut berfungsi untuk melihat isi di dalam direktory atau sebuah folder. Rumusnya seperti berikut : root@yudi-775VM800:/home/yudi# ls<spasi>(letak foler)
contohnya : root@yudi-775VM800:/home/yudi# ls /etc/network → enter maka balasannya seperti berikut :
if-down.d  if-post-down.d  if-pre-up.d  if-up.d  interfaces  run
  1. “cp”
Perintah ini berfungsi untuk menyalin sebuah file. Rumusnya : 
root@yudi-775VM800:/home/yudi# cp (nama file asli)<spasi>(nama file hasil copy)
contohnya :
 root@yudi-775VM800:/etc/squid/# cp squid.conf squid.conf.copy
catatan : kalau Anda mau menyalin file maka Anda harus masuk dulu ke dalam direktory yang file nya ingin Anda salin.
Caranya masuk ke direktory berikut lihat daftar no.3
  1. “cd”
Perintah ini berfungsi untuk masuk ke direktory atau mengganti direktory atau keluar dari direktory. Rumusnya :  root@yudi-775VM800:/# cd<spasi>(direktory yang ingin Anda masuki)
contohnya :  root@yudi-775VM800:/# cd /etc/network → enter maka balasannya seperti ini :
 root@yudi-775VM800:/etc/network#
dan jika Anda ingin keluar dari direktory cukup ketik cd<spasi>/.contohnya :
 root@yudi-775VM800:/etc/network# cd / → balasannya  root@yudi-775VM800:/#
  1. “rm”
Perintah ini berfungsi untuk menghapus file yang nggak bisa dihapus ketika di klik kanan pada file yang ingin dihapus. Rumusnya : 
root@yudi-775VM800:/home/yudi/Documents# rm<spasi>(nama file yang ingin dihapus) contohnya :  root@yudi-775VM800:/home/yudi/Documents# rm tugas
catatan : Anda harus masuk dulu ke direktory yang file nya ingin dihapus
  1. “cat”
Perintah ini berfungsi untuk melihat isi dari sebuah file. Rumusnya :
 root@yudi-775VM800:/home/yudi# cat<spasi>(nama file yang ingin Anda lihat isinya)
contohnya :  root@yudi-775VM800:/home/yudi# cat /etc/rc.local → balasannya
#!/bin/sh -e
#
# rc.local
#
# This script is executed at the end of each multiuser runlevel.
# Make sure that the script will "exit 0" on success or any other
# value on error.
#
# In order to enable or disable this script just change the execution
# bits.
#
# By default this script does nothing.

exit 0
  1. “ifconfig”
Perintah ini berfungsi untuk melihat Ethernet card yang terpasang pada PC Anda atau bisa juga melihat keterangan mengenai jaringan yang ada pada PC Anda seperti keterangan IP Address, netmask, dan broadcast. Rumusnya :  root@yudi-775VM800:/# ifconfig
Dan dengan perintah ini Anda bisa mensetting kartu jaringan/ethernet Anda rumusnya :
 root@yudi-775VM800:/# ifconfig<spasi>(kartu jaringan)<spasi>(IP ADDRESS)<spasi>netmask<spasi>(NILAI NETMASK)<spasi>broadcast<spasi>(NILAI BROADCAST)
contohnya : root@yudi-775VM800:/# ifconfig eth0 192.168.1.10 netmask 255.255.255.0 broadcast 192.168.1.255
Dan perintah ifconfig bisa Anda gunakan juga untuk membuat sebuah kartu jaringan menjadi aktif(up) dan tak aktif(down). Rumusnya : root@yudi-775VM800:/# ifconfig<spasi>(kartu jaringan) contohnya : root@yudi-775VM800:/# ifconfig eth0 up → untuk aktif
root@yudi-775VM800:/# ifconfig eth0 down → untuk menonaktifkan
  1. “mv”
Perintah ini berfungsi untuk memindahkan file dari satu direktory ke direktory lainnya.
Rumusnya : root@yudi-775VM800:/# mv<spasi>(nama file yang ingin dipindahkan)<spasi>(lokasi direktory yang baru untuk file yang ingin Anda pindahkan)
contohnya : root@yudi-775VM800:/home/yudi/Pictures# mv cisco5.png /home
  1. “clear”
Perintah ini berfungsi untuk Anda yang ingin menghapus layar kerja CLI Anda menjadi bersih.
Rumusnya : root@yudi-775VM800:/# clear
  1. “nano”
nano  merupakan salah satu editor teks yang ada di Linux. Editor teks berfungsi untuk isi dari file tersebut. Rumusnya : root@yudi-775VM800:/# nano<spasi> (letak direktory dan nama file nya)
contohnya : root@yudi-775VM800:/# nano /etc/network/interfaces
  1. “shutdown”
Perintah ini berfungsi untuk mematikan PC Anda. Rumusnya : root@yudi-775VM800:/# shutdown<spasi>-h<spasi>now contohnya : root@yudi-775VM800:/# shutdown -h now
Dan perintah ini bisa juga untuk merestart.
Rumusnya : root@yudi-775VM800:/# shutdown<spasi>-r<spasi>now
contohnya : root@yudi-775VM800:/#  shutdown -r now
  1. “reboot”
Perintah ini berfungsi untuk merestart PC Anda. Rumusnya : root@yudi-775VM800:/# reboot
contohnya : root@yudi-775VM800:/# reboot
  1. “su”
Perintah ini berfungsi untuk mengubah izin Anda dari yang awalnya user biasa menjadi super user atau root. Rumusnya : root@yudi-775VM800:/# su
Contohnya : root@yudi-775VM800:/# su       enter dan balasannya akan meminta Anda memasuki password dari root Anda.
Namun, jika setelah Anda masukkan password root dengan benar tapi, tetap gagal coba dengan cara lain yakni seperti berikut :
“sudo su” rumusnya : root@yudi-775VM800:/# sudo su  → masukkan password root yang benar
  1. “passwd”
Perintah ini berfungsi untuk mengganti password root Anda yang ada pada “su”. Rumusnya : root@yudi-775VM800:/# sudo<spasi>passwd   → setelah itu masukkan password lama dilanjutkan dengan memasukkan password baru sebanyak 2 kali.
Contohnya : root@yudi-775VM800:/# sudo passwd → enter
  1. “who”
Perintah ini berfungsi untuk menampilkan daftar semua user yang sedang login.
Rumusnya : root@yudi-775VM800:/# who
Contohnya : root@yudi-775VM800:/# who → enter → balasannya :
root@yudi-775VM800:/home/yudi# who
yudi     pts/0        2012-12-07 18:44 (:0.0)

Saya rasa itu sajalah yang bisa saya bagikan kepada Anda semua dan semoga bermanfaat. Ingatlah untuk selalu GO LINUX AND KEEP SPIRIT.

No comments

Leave a Reply

Anda boleh berkomentar di blog saya tapi, tetap jagalah kesopanan dan nilai - nilai etika Anda ketika berkomentar.

Visitors