Cara Mengubah Handphone (HP) menjadi Modem



Zaman sekarang ini kebutuhan seseorang akan internet sudah bisa di bilang kebutuhan sehari – hari mulai dari bekerja, mencari ilmu, mencari uang, dan menjual barang di internet. Dengan mendeasknya tuntutan dalam hidup agar bisa berinternet maka tidak ada salahnya jika seseorang mau ataupun mampu untuk bisa mencari kemana saja akan kebutuhan internet tersebut. Seseorang hanya bisa terhubung ke internet jika Anda memiliki beberapa hal di bawah ini.
a)      PC, Notebook , Handphone, Tablet dan lain sebagainya
b)      Melalui Wire bisa menggunakan kabel UTP yang sudah di crimping dan biasanya Anda yang sering pergi ke warnet akan bisa melihat kabel UTP yang tercolok di belakang CPU.
c)       Melalui Wireless bisa menggunakan wireless USB atau WLAN Card. Dan untuk bisa melalui wireless pastinya Anda juga harus mempunyai Access Point atau Wireless Router. Dan hal ini sering Anda lihat di restoran – restoran mahal yang menyediakan fasilitas Wireless atau Wifi secara gratis kepada setiap pengunjungnya.
Oleh karena itu, kali ini saya akan memberitahukan kepada Anda semua bagaimana cara mengubah Handphone kesayangan Anda menjadi Modem untuk PC/Notebook Anda. Mula – mula saya akan memberi tahu sedikit kepada Anda semua tipe Handphone yang saat ini saya gunakan untuk di ubah menjadi modem yakni Motorola E398 dan Kartunya saya memakai Kartu As dari Telkomsel.


Gambar : 0.1
Setelah Anda tahu tipe Handphone saya, selanjutnya silahkan Anda koneksikan Handphone Anda ke PC/Notebook Anda melalui via kabel atau Bluetooth. Kali ini saya memakai fasilitas Bluetooth. Untuk mengetahui cara menghubungkan PC/Notebook ke Handphone silahkan Anda ikuti langkah – langkah di bawah ini.
Pertama – tama untuk Anda yang menggunakan PC silahkan Anda siapkan perangkat Bluetooth PC Anda dan kemudian Anda colokkan ke port USB di CPU. Dan bagi Anda yang menggunakan Notebook biasanya sudah ada fasilitas Bluetooth nya jadi Anda tidak perlu lagi membelinya. Untuk mengetahui apakah di PC/Notebook Anda ada fasilitas Bluetooth nya ? Silahkan Anda cari logo Bluetooth seperti di bawah ini.

Gambar : 0.2
Jika sudah Anda install perangkat Bluetooth tadi selanjutnya Anda hubungkan ke Handphone. Caranya, klik kanan pada ikon Bluetooth tadi pilih Add Device. Dan selanjutnya akan muncul window baru seperti di bawah ini.

Gambar : 0.3
Setelah itu, silahkan Anda hidupkan Bluetooth di Handphone Anda dan tunggu sampai terdeteksi oleh PC/Notebook.


Gambar : 0.4
Setelah terdeteksi oleh PC/Notebook Anda kemudian pilih perangkat Anda dan klik Next. Selanjutnya, PC/Notebook Anda mengirim kode keamanan untuk menghubungkan PC/Notebook dengan Handphone. Dan Anda masukkan kode keamanan tadi ke Handphone Anda.

Gambar : 0.5
Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi Handphone Anda selesai. Dan jika sudah silahkan Anda klik kanan ikon Bluetooth dan pilih Show Bluetooth Devices.


Gambar : 0.6
Dan kemudian klik kanan pada perangkat Handphone yang terdeteksi dan pilih create dial-up networking -> Create a Dial-up Connection. Dan kemudian Anda pilih jenis modem yang ingin Anda gunakan dan Next.

Gambar : 0.7
Selanjutnya, Anda isi dial phone number, username dan password sesuai kartu yang Anda pakai. Dan karena kali ini saya memakai Kartu As maka isiannya seperti ini. Perlu di ingat, kalau dial phone number itu untuk semua kartu bisa Anda pakai karena *99# itu sudah umum di pakai.
Dial Phone Number        : *99#
Username                           : wap
Password                            : wap123
Untuk username dan password itu hanya bisa untuk kartu As saja. Kalau Anda memakai kartu lain silahkan Anda cari di internet username dan password untuk merk kartu yang Anda pakai sekarang ini.
Setelah di isi silahkan pilih Connect.



Gambar : 0.8
Jika Connect pertama gagal silahkan Anda tutup semua window. Kemudian Anda pilih device manager. Dan cari kategori modems. Dan klik kanan jenis modem yang Anda pilih tadi dan pilih properties.


Gambar : 0.9
Dan klik tab Advanced dan isi kotak extra initialization commands dengan kalimat berikut “at+cgdcont=1,"ip","Telkomsel" Untuk Telkomsel itu bisa Anda ubah sesuai dengan nama operator yang sekarang Anda gunakan. Dan kemudian close semua window. Sekarang saatnya Anda menguji coba hasil kerja Anda. Klik kanan pada ikon jaringan dan pilih nama dial up yang Anda buat tadi dan klik connect.


Gambar : 0.10
Silahkan Anda isi username dan password yang Anda buat tadi.


Gambar : 0.11
Dan tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.



Gambar : 0.12
Jika sudah selesai, maka ikon network pada layar di bawah akan berubah menjadi connected.

Gambar : 0.13
Demikianlah untuk informasinya, saya ucapkan selamat mencoba.

No comments

Leave a Reply

Anda boleh berkomentar di blog saya tapi, tetap jagalah kesopanan dan nilai - nilai etika Anda ketika berkomentar.

Visitors