Cara Mengubah Password User di Ubuntu

Ini merupakan postingan pertama saya mengenai system operasi UBUNTU dan saya cukup bangga karena akhirnya saya bisa juga menggunakan system operasi yang open source. Topik yang akan saya bahas kepada Anda hari ini yakni, cara mengubah password user. Untuk kalangan newbie ini masih dikatakan cukup sulit atau susah. Namun, untuk sebagian orang ada juga yang cukup mudah untuk melakukan hal ini. Kali ini saya menggunakan UBUNTU 10.04 jadi bagi Anda yang menggunakan versi sebelumnya atau sesudahnya mungkin caranya hampir – hampir sama.
Tanpa basa basi lagi ayo saya ajak Anda langsung ke tempat kejadian perkaranya. Mula – mula Anda hidupkan PC/Notebook Anda. Setelah menampilkan Login Screen silahkan Anda masukkan password user Anda. Jika sudah masuk sebagai user kini, silahkan Anda pilih System > Administration > Users And Groups. Jika sudah Anda pilih, maka akan menampilkan window baru seperti gambar di bawah ini.



Gambar : 0.1
Setelah itu, silahkan Anda pilih Change di sebelah kanan tulisan Asked on login untuk mengubah password user Anda. Change di sebelah tulisan Yudi itu berfungsi untuk mengubah nama user Anda. Jadi, setelah Anda pilih, maka akan menampilkan window baru seperti di bawah ini.
Gambar : 0.2
Silahkan Anda masukkan password lama Anda di kotak Current password dan silahkan Anda masukkan password Anda di kotak New Password dan kotak Confirmation. Jika Sudah Anda isi silahkan pilih OK.
Kemudian silahkan Anda restart PC/Notebook Anda dan coba login dengan password baru Anda. Sekianlah informasi mengenai topic kali ini dan saya ucapkan selamat mencoba.

No comments

Leave a Reply

Anda boleh berkomentar di blog saya tapi, tetap jagalah kesopanan dan nilai - nilai etika Anda ketika berkomentar.

Visitors