Cara Install 2 Sistem Operasi Pada 1 PC/Notebook


Manusia banyak keinginannya mulai dari hal yang mungkin sampai hal yang mustahil. Sama seperti dalam hal system operasi manusia juga ingin mempunyai 2 hal yang berbeda pada 1 PC/Notebook. Bagi kalangan kaum pemula mungkin hal ini cukup sulit dimengerti karena Anda akan harus mengerti bagaimana cara mengatur partisinya agar kedua system operasi bisa berjalan dengan lancar. Ada 2 cara untuk bisa melakukan hal ini yaitu, dengan menggunakan software pihak ketiga dan bisa juga tanpa menggunakan software pihak ketiga ( boot loader bawaan dari system operasi ).
Untuk kali ini bahan percobaan yang akan saya bahas yaitu, system operasi Ubuntu dengan system operasi Windows 7. Untuk proses install kedua system operasi ini saya tidak akan jelaskan secara rinci. Karena, yang saya bahas kali ini yaitu, cara mengatur kedua system operasi ini agar bisa berjalan dengan lancar. Pertama – tama Anda install dahulu Windows 7 ke PC/Notebook Anda dengan pengaturan partisi sebagai berikut :
Jika Anda memiliki harddisk sebesar 250GB maka pengaturannya sebagai berikut :
Partisi 1 (100MB) untuk system reserved Windows 7
Partisi 2 (20GB) untuk Local Disk Drive C:/
Partisi 3 ( 180GB) untuk Local Disk Drive D:/
Maka, Anda akan memiliki 3 Partisi pada Windows 7 dan memiliki sisa ruang sebesar 49GB. Kemudian Anda install Windows 7 sampai selesai.
Setelah selesai, baru Anda install system operasi Ubuntu dengan pengaturan partisi sebagai berikut :
Partisi 1 (swap) untuk mengatur swap, caranya dengan 2 X memory RAM
Partisi 2 (boot) untuk boot cukup Anda isikan dengan 1GB
Partisi 3 (root) untuk root atau biasa disimbolkan dengan garis miring (/) cukup Anda isi dengan sisa ruang yang Anda miliki.
Setelah Anda atur, partisinya seperti di atas selanjutnya Anda install system operasi Ubuntu sampai dengan selesai.
Jika sudah selesai, pasti ketika Anda masuk ke proses booting pihak dari Ubuntu akan menampilkan daftar booting yang ingin Anda pilih untuk Anda gunakan sebagai system operasi  pada saat itu juga. Mengapa Ubuntu bisa menampilkan daftar booting ? karena, Ubuntu menginstall boot loader pada harddisk Anda dan ketika berjalan booting pasti Ubuntu akan menjalan dahulu boot loader – nya baru masuk ke system operasinya.
Sekian informasinya untuk hari ini dan semoga bermanfaat untuk Anda semua.

No comments

Leave a Reply

Anda boleh berkomentar di blog saya tapi, tetap jagalah kesopanan dan nilai - nilai etika Anda ketika berkomentar.

Visitors