Tips Membuat Lampu Keyboard menjadi Kelap Kelip


Saya ada sedikit tips untuk Anda yang mungkin bosan menunggu proses pengcopyan selesai atau Anda sedang menonton film di PC. Perlu di ingat, tips ini hanya dijadikan sebagai hiburan saja dan jangan Anda jadikan sebagai sebuah kewajiban. Berdasarkan informasi yang saya ketahui bahwa pada saat mengoperasikan tips ini Anda tidak boleh sedang mengerjakan sesuatu seperti, mengetik, menggambar, dan kerjaan lainnya yang berhubungan dengan keyboard. Mengapa tidak boleh ? sebab karena ada pengaruhnya juga terhadap hasil kerjaan Anda. Seperti yang Anda tahu bahwa pada keyboard ada 3 lampu yang memiliki fungsi berbeda – beda. Salah satunya, lampu Caps Lock yang berfungsi untuk mengubah huruf menjadi huruf capital dan lampu Num Lock yang berfungsi untuk mengunci dan membuka fungsi tombol Numeric Keypad. Numeric Keypad adalah keyboard yang menjadikan angka sebagai masukan contohnya, Anda ingin mengetik sebuah angka 1 maka Anda bisa menggunakan fasilitas Num Lock. Jadi, intinya kalau Anda sedang mengetik jangan gunakan tips ini untuk dijadikan hiburan Anda.
Untuk resiko akan rusaknya lampu keyboard Anda sepertinya saya hanya bisa bilang fifty fifty (50:50). Untuk menggunakan tips ini Anda tidak memerlukan sebuah software luar dari Windows Sebab, karena Anda hanya memerlukan Sebuah aplikasi notepad. Sekarang mari biar saya jelaskan bagaimana cara kerjanya.
1.       Pertama, silahkan Anda buka aplikasi notepad di Windows. Caranya ada 2 jalur,
ü  Cara 1 : Klik Menu Start->All Programs->Accessories->Notepad.
ü  Cara 2 : Klik Menu Start->Run-> dan ketik notepad.
2.       Setelah terbuka aplikasinya, silahkan ketik kode program di bawah ini ke dalam notepad Anda.
Set wshShell =wscript.CreateObject("WScript.Shell")
do
wscript.sleep 100
wshshell.sendkeys "{CAPSLOCK}"
wshshell.sendkeys "{NUMLOCK}"
wshshell.sendkeys "{SCROLLLOCK}"
loop

Keterangan :
>> Kode di atas untuk membuat lampu Caps Lock, Num Lock dan Scroll Lock menjadi kelap kelip.
     Jadi, jika Anda ingin memodifikasinya silahkan Anda hilangkan saja salah satu kode yang
     berwarna merah(untuk CapsLock), Orange(untuk NumLock), Biru(untuk ScrollLock). Jadi, jika
     Anda hanya ingin lampu NumLock dan Scroll Lock saja yang kelap kelip maka, hilangkan kode
     CapsLock yang berwarna merah.

3.       Setelah itu, Anda simpan file tersebut ke dalam formar vbs. Caranya, klik file dan pilih Save As. Pada kotak file name isi nama file tersebut terserah Anda mau dan kemudian diakhiri dengan tanda titik dan kemudian tulis vbs. Jadi, contoh nama file nya seperti ini : lampu ajaib.vbs
Keterangan : Anda bisa mengubah nama lampu ajaib di atas sesuai keinginan Anda tapi, untuk .vbs jangan diganti. OK.

4.       Setelah di simpan, tutup aplikasi notepad Anda dan car file yang baru Anda simpan tadi kemudian, buka file tersebut. Maka secara otomatis lampu pada keyboard Anda akan menjadi kelap kelip.
5.       Untuk mematikan hiburan lampu kelap kelip ini ada caranya. Pertama, buka task manager. Untuk membuka task manager bisa dibuka dengan cara >>klik kanan pada taskbar dan pilih task manager atau bisa juga dengan menekan tombol Ctrl + Shift + Esc.
Gambar : 0.1

Gambar : 0.2
Setelah terbuka task manager,  pilih tab Processes dan cari tulisan wscript.exe pada kolom Image Name. Kemudian pilih wscript.exe dan klik End Process.

Gambar : 0.3

Demikian tips untuk kali ini, dan semoga Anda bisa terhibur dengan lampu kelap kelip ini.

1 comment

  1. hahaha kirain tulisan nya jadi warna warni tapigak papa lah yang penting bagus

    ReplyDelete

Anda boleh berkomentar di blog saya tapi, tetap jagalah kesopanan dan nilai - nilai etika Anda ketika berkomentar.

Visitors