Project Calculator Simple in C

Sebelumnya saya minta maaf karena sudah lama saya nggak update blog ini dikarenakan selama ini saya terlalu sibuk dengan dunia saya sendiri sehingga saya lupa untuk membagikan sedikit ilmu saya ini kepada pengunjung setia blog ini. Saat ini, saya sedang duduk di bangku perkuliahan di salah satu Sekolah Tinggi Ilmu Komputer di medan. Di semester 1, saya diberikan pengajaran tentang bahasa C sebagai pengenalan bahasa pemrograman. Pada awalnya, saya kira cukup sulit namun, ternyata bahasa pemrograman ini cukup bisa saya pahami. Bahkan, pada mata kuliah ini saya mendapatkan nilai A (bukannya sombong) tapi, justru karena saya mendapatkan nilai A makanya saya ingin membagikan sedikit ilmu saya ini kepada Anda semua.

Project kedua saya ini, berjudul Calculator Simple. Dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa membayangkan apa fungsi dari program ini. Yap, program ini berfungsi untuk menghitung sebuah bilangan just like calculator. Ada sedikit catatan dari saya bahwa untuk setiap project yang saya posting di blog ini saya tidak akan menjelaskannya secara detail apa fungsi dari setiap keyword yang ada pada bahasa C. Namun, saya akan membagikan source code project. Untuk fungsi dari keyword bisa Anda surfing sendiri di Internet karena, saya lihat cukup banyak modul atau situs - situs yang menjelaskan perintah - perintah dasar dari bahasa C. Untuk itu, mulai dari sini saya harap Anda semua bisa belajar sendiri dengan melihat source code project yang saya berikan. Berikut akan saya jelaskan sedikit tentang jalannya dari project yang saya bagikan ini.


  1. Pertama, pada Menu Utama ada 3 pilihan kode operasi yaitu : Penjumlahan, Pengurangan, Exit. Setiap Kode operasi memiliki fungsinya masing - masing diantaranya, Penjumlahan berfungsi untuk melakukan operasi penjumlahan. Pengurangan berfungsi untuk melakukan operasi pengurangan dan Exit berfungsi untuk keluar dari program.
  2. Pilih salah satu dari 3 kode operasi tersebut. Maka, user akan dihadapkan dengan sebuah interface baru dimana user dituntut untuk input bilangan 1 dan bilangan 2 sebagai bahan pengoperasiannya. Jika ditambah maka, bilangan 1 ditambah bilangan 2 dan sebaliknya untuk pengurangan.
  3. Jika user sudah merasa selesai menggunakan program ini maka, pilih kode 3 untuk Exit.
Berikut screenshotnya dari jalannya program ini.


Gambar : 1


Gambar : 2

Untuk source code project bisa Anda download di sini. Dan sekian untuk kali ini.

No comments

Leave a Reply

Anda boleh berkomentar di blog saya tapi, tetap jagalah kesopanan dan nilai - nilai etika Anda ketika berkomentar.

Visitors