Penyebab Date And Time Kembali ke Tahun Produksinya


Pada saat ini, saya akan memberitahu sedikit kepada Anda untuk mengetahui apa penyebab date and time kembali ke posisi tahun produksinya. Banyak orang yang belum tahu cara mengatasi hal kecil ini namun, ada juga yang tahu walaupun cukup sedikit. Kasus ini saya dapati berdasarkan pengalaman saya sendiri yang terjadi pada computer saya dan saya pun juga sekolah di jurusan teknik computer jaringan jadi, saya pun cukup tahu untuk mengatasi hal semacam ini. Kasusnya itu terjadi karena baterai motherboard-nya sudah habis jadi, Anda cukup membelinya di toko jam. Bentuk baterai nya bisa dibilang nggak terlalu kecil dan nggak terlalu besar dan ukurannya itu seperti uang logam Rp. 500.
Dan biasanya kasus ini meiliki ciri khas pada computer yang sudah kehabisan baterai yaitu, jika Anda hari ini sudah menghidupkan computer dan sudah setting date and time, coba Anda matikan komputer dan cabut kabel power dari CPU dan cabut juga kabel cok sambungnya dari stop kontak. Dan coba Anda colok lagi kabel power ke CPU dan colok kabel sambungnya ke stop kontak. Kemudian Anda hidupkan kembali computer Anda dan lihat di pengaturan BIOS, apakah date and time sudah kembali ke tahun produksinya atau masih tetap sama seperti terakhir kali Anda mensettingnya. Jika date and time kembali ke posisi tahun produksinya berarti computer Anda sudah mengalami yang namanya kehabisan baterai motherboard. Untuk itu, maka Anda harus membelinya di toko jam. Dan biasanya harganya cukup murah, di daerah saya itu harganya Rp. 15.000 s/d Rp. 25.000.
Jika Anda sudah membelinya yang baru, kini saatnya saya akan memberitahukan kepada Anda semua bagaimana cara membuka baterai nya dari motherboard dan memasangnya kembali. Langkah – langkahnya yaitu sebagai berikut :
1.       Pertama – tama silahkan Anda matikan computer Anda dan cabut semua kabel yang tercolok di CPU. Kemudian, Anda buka casing CPU Anda.
Gambar : 0.1
2.       Setelah Anda buka, coba Anda perhatikan di posisi dekat sudut sebuah benda yang berbentuk seperti uang logam Rp. 500 tapi, warnanya putih.
 
Gambar : 0.2
3.       Jika sudah ketemu, Coba Anda buka dengan cara tekan ke pinggir besi kecil seperti jarum tadi dan tarik keluar baterai nya.
 
Gambar : 0.3
4.       Jika sudah dikeluarkan baterai nya, silahkan Anda pasang baterai yang baru Anda beli tadi dengan posisi yang benar. Cara memasangnya, cukup Anda masukkan baterai nya seperti Anda mengeluarkan tadi kemudian Anda tekan ke dalam.
 
Gambar : 0.4

 
Gambar : 0.5
Demikiannlah, untuk informasinya hari ini dan semoga bisa bermanfaat buat Anda semua dan saya ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

No comments

Leave a Reply

Anda boleh berkomentar di blog saya tapi, tetap jagalah kesopanan dan nilai - nilai etika Anda ketika berkomentar.

Visitors