Switch dan Hub


Saya sebagai seorang siswa teknik computer jaringan sering sekali melihat tulisan seperti yang sesuai dengan judul  kali ini. Switch/Hub merupakan sebuah perangkat jaringan yang sebenarnya memiliki fungsi yang sama namun memiliki cara kerja yang berbeda. Lantas mengapa sering sekali saya melihat tulisan switch/hub di sambung dengan garis miring(/), apakah kedua perangkat ini sama namun, memiliki sebutan yang berbeda ? atau apakah arti sebenarnya dari tanda garis miring diantara tulisan switch dan hub ? Dan sementara itu Anda semua tahu kalau garis miring itu memiliki arti yang berbeda – beda yaitu, bisa saja artinya “dan” mungkin bisa juga artinya “atau”. Jadi. Apakah penyebab mereka menulis perangkat switch dan hub seperti gambar di bawah ini.
Gambar : 0.1
Dari pada bingung – bingung mari saya mulai saja teori ini dari awal. Pada dasarnya kedua perangkat ini memiliki fungsi yang sama namun, memiliki cara kerja yang berbeda. Fungsi kedua perangkat ini adalah untuk membagi paket data dan meneruskannya ke client. Jadi, itu merupakan persamaannya dan yang namanya persamaan pasti memiliki sebuah perbedaan di ibaratkan seperti anak kembar yang baru lahir pasti memiliki sifat yang berbeda dan hobi yang berbeda juga antara kedua anak kembar tadi. Maka sama halnya antara kedua perangkat ini yang memiliki fungsi yang sama dan berbeda cara kerjanya. Cara kerja Switch yaitu, dengan mengirim paket data langsung ke client yang meminta paket data. Seperti gambar di bawah ini.
Gambar : 0.2
Gambar di atas merupakan cara kerja dari perangkat switch yaitu, dengan cara langsung mengirim paket data ke client yang meminta paket data. Selanjutnya yaitu, cara kerja dari Hub. Hub memiliki cara kerja yang agak berbeda dari switch namun, sama – sama mengirim paket data ke client. Cara kerja Hub yaitu, dengan cara mengirim paket data ke PC1 namun, karena Hub tidak mengenali yang namanya IP Address maka Hub tidak tahu client atau PC mana yang meminta paket data tadi maka, solusi Hub untuk mengirim paket datanya yaitu dengan cara menyebarkan paket data tadi ke semua client yang terhubung dengan Hub. Seperti gambar di bawah ini .
Gambar : 0.3
Nah, kira – kira itulah perbedaan antara switch dan hub. Lalu jika Anda di beri pilihan untuk memilih antara kedua perangkat ini maka, perangkat mana yang akan Anda pilih untuk mengirim paket data ke client ? jawabannya sangat simple dan bisa Anda lihat sendiri perangkat yang paling baik dalam mengirim paket data dan membaginya ke client adalah perangkat switch. Karena, Switch lebih memiliki keunggulan dari pada Hub dalam bidang membagi paket data dan meneruskannya ke client. Sedangkan Hub lebih sering digunakan untuk mode – mode lama seperti digunakan sebagai bridge atau splitter coaxial. Namun, karena coaxial dan bridge jarang digunakan maka perangkat hub kurang begitu terkenal di masyarakat.
Jadi, sekiranya hanya itu saja yang bisa saya bagi kepada Anda hari ini dan semoga bermanfaat bagi Anda semua.

No comments

Leave a Reply

Anda boleh berkomentar di blog saya tapi, tetap jagalah kesopanan dan nilai - nilai etika Anda ketika berkomentar.

Visitors